Ganti MSG dengan Bahan Lain, yuk’s

 

 

                           Apakah anda termasuk yang menggunakan vetsin atau penyedap rasa ketika memasak? Jika iya, sebaiknya dipikirkan kembali. Memang, menurut komite di World Health Organization (WHO), MSG diperbolehkan untuk dipakai dalam masakan. Namun, jumlah MSG yang boleh dikonsumsi manusia per hari adalah 120 miligram (mg) dikalikan dengan berat badan orang tersebut (tetap dalam satuan kg, jangan dikonversikan menjadi mg). Hasil dari perkalian itulah (dalam satuan mg) yang menjadi batas jumlah konsumsi vetsin dalam sehari.

Bagi anda yang terbiasa masak menggunakan  MSG pasti merasa kurang sedap masakannya jika tidak pake MSG jadi bingung deh… . Jangan khawatir, anda bisa mengganti MSG dengan bahan-bahan alami lainnya yang lebih aman. Rasanya? Sama gurih dan enaknya kok🙂

 

Bahan-2 itu antaralain:

Gula pasir

Sudah menjadi rahasia umum kalau gula pasir bisa menggantikan peran penyedap dalam masakan. Singkirkan MSG anda, tambahkan sejumput gula pasir. Eits, jangan terlalu banyak membubuhkan gula ya, karena masakan akan menjadi manis. Kalau takarannya pas, gula pasir akan membuat masakan gurih.

Bawang putih

Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu. Selain memberikan wangi yang sedap, ternyata bawang jenis ini juga berkontribusi memberikan rasa gurih. Gimana caranya? Haluskan atau memarkan bawang putih, kemudian tumis dengan minyak dan campurkan dengan bahan lainnya.

Kaldu

Masakan berkuah atau tumisan sekalipun akan lebih sedap jika ditambahkan dengan kaldu ayam atau daging sapi. Buatlah kaldu sendiri, jangan gunakan kaldu instan karena didalamnya terdapat bahan penyedap tambahan dan kemungkinan bahan pengawet juga. Membuat kaldu ayam mentah bisa 12 jam lamanya. Namun, bisa juga diolah selama 4 jam. Semakin lama kaldu diolah, maka saripatinya akan mudah keluar. Saripati itulah yang jadi penyedap.

Udang, ebi, atau teri

Berbagai makanan laut memiliki sifat gurih bawaan. Dimasak sendiri atau dicampur dengan bahan lain pun rasa gurihnya keluar. Untuk mendapatkan saripatinya, panggang udang, ebi, dan teri dengan oven. Setelah itu haluskan dengan food processor sampai menjadi bubuk. Bubuk itulah yang digunakan sebagai pengganti MSG.

Sosis Sapi

Sosis sapi mengandung garam, kaldu sapi, dan sedikit MSG. Jika dicampur dalam masakan, bisa menguatkan rasa makanan. Dengan cara yang praktis dan tidak perlu ribet, menu anda akan tambah sedap.

 

Yuk, kita ganti MSG yang biasa kita gunakan dengan salah satu bahan di atas. Walaupun membutuhkan usaha ekstra, paling tidak kita menggunakan bahan masak yang lebih sehat. Sehat itu investasi tiada akhir loh.. Stay healthy!🙂

 di kutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s